SELAMAT DATANG dan JANGAN LUPA FOLLOW US : @sobat_wisata

Jumat, 12 April 2013

Sekilas tentang Sholat Jum'at

Hari ini tepat hari jum’at, pasti nya tau dong hari jum’at itu seorang cowo yg bragama Islam punya kewajiban yaitu sholat jum’at, gue pun demikian,

Seperti  firman Allah SWT :
"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". (QS. 62:9)

sbelum waktu sholat jum’at tiba seperti biasa gue menyempatkan diri berselancar di dunia maya , nyari berita apa yang lagi hangat atau yg udah dingin tapi di angetin lgi macam nasi sisa kmarin  baik itu nasional maupun internasional, twitter pun ga lupa gue kunjungi tapi kali ini gue gak ngebahas tentang kejadian apa yg terjadi di twitter gue karena kalian bakal terharu klo tau apa yang terjadi di twitter gue -,-

Stelah beberapa jam berhadapan dengan laptop ga trasa yg tadinya gue muda terus tua sampe gue muda lagi :D , satu jam lgi waktu dzuhur tiba dan seperti biasa sbagai cowo sebelum jumatan gue lakuin beberapa sunnah yg diajarkan baginda Rasulullah SAW sebelum jumatan seperti mandi, memakai pakaian yg rapih dan memakai parfum ato minyak wangi, inget PARFUM bukan obat anti serangga yaa sobat wisata :D

Seperti yg di jelaskan dalam hadist :
Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda :
"Siapa yang mandi pada hari jum'at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum'at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum'at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum'at itu dan jum'at sebelumnya." (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Dan dalam hadist lain .
Rasulullah bersabda:
"Siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at". (HR. Bukhari).
Dan jangan lupa memotong kuku, inget yaa sobat wisata hati memotong kuku bukan memotong hewan kurban .. hehehehee .. seperti yg di sabdakan oleh nabi :
"Memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jum'at sebelum beliau pergi sholat jum'at.
(HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).
Setelah melaksanakan beberapa sunnah nabi, gue pun beranjak menyusuri gang demi gang, jalan demi jalan hingga akhirnya nyasar #canda deh :D ,

gue pun tiba di masjid dimana gue biasa melakukan sholat jumat berjamaah dan melakukan sholat sunnah terlebih dahulu setelah itu sambil menunggu sang khatib naik mimbar dan memberi pencerahan, tiba” gue kpikiran dengan orang” yg gue temui. Kenapa ?? bukan karena gue lebih ganteng disbanding meraka tapi karena kbetulan masjid di rumah gue ada dua yg jaraknya hampir berdekatan.
Masjid yang pertama adalah masjid langganan gue dan masjid yang kedua jaraknya beberapa meter dari masjid tempat biasa gue sholat.
Yang menjadi pertanyaan gue adalah kenapa tetangga depan rumah gue lebih memilih masjid yg jaraknya beberapa meter dari masjid langganan gue ??? ada yg tau ga ? kasih tau dong. :D

Saat itu gue pun teringat dengan sabda baginda Rasulullah SAW :
“Pada hari jum’at disetiap pintu mesjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir sholat jum’at sesuai dengan kualitas kedudukannya, Apabila imam datang/ naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu meraka bersiap-siap mendengarkan khutbah, perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur.”

Dan dalam hadist lain Rasulullah SAW bersabda  :
Orang yang berjalan untuk shalat Jum'at akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa.

Aus bin Aus berkata: Rasulullah SAW bersabda:
"Siapa yang mandi pada hari Jum'at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah".
(HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah)

Jadi kesimpulan gue saat itu adalah mungkin tetangga gue itu sengaja memilih masjid yg agak jauh karena tiap langkah itu pahala nya subhanallah setara dengan satu tahun shalat dan puasa.
Tapi meskipun bgitu gue tetap setia dengan masjid langganan gue .. hehehee .. amal ibadah kn tergantung niat sobat wisata jadi dimanapun kita smua tergantung pada niat .

Jadi, sobat wisata udah tau kan beberapa keutamaan sholat jumat .
Smoga bermanfaat yaa sobat wisata .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar