SELAMAT DATANG dan JANGAN LUPA FOLLOW US : @sobat_wisata

Minggu, 09 Februari 2014

hidup itu adalah belajar, bukan ....."???" BAB 1

Sebelum sobat mulai membaca, jangan lupa kencangkan sabuk pengaman dan
Follow : @sobat_wisata di twitter.

Ini kisah dimana gue belajar banyak hal tentang kehidupan yang gue jalanin, banyak yang bilang “hidup ini keras” di twitter lah, facebook, path bahkan Friendster (mungkin) .

BAB 1

Belajar sabar dimana saja dan dibarengi dengan shalat

Awalnya dibenak gue juga terlintas pemikiran seperti itu, entah siapa yang nyuci otak gue atau dengan sabun apa yang mereka pakai dan yang pasti bukan sabun yang sering gue pakai (buat mandi) tapi demikianlah adanya sob kata kata itu terngiang ngiang di benak gue seperti bayi yang nangis saat bayi itu lahir ke bumi dan langsung mengajak papah nya main bola dan papahnya nolak.

Hari pertama… Jam 4:30 subuh, gue bangun dan seperti yang dilakuin orang sibuk di dunia ini nongkrong dimana lo bisa luapin smua yang ada di perut lo dan tak lupa gue mandi, sarapan ???? ga sob, hal itu jarang gue lakuin, gue pun jalan menuju tempat gue biasa nunggu jemputan gue, maklum, gue orang kaya sob, mobil aja ganti tiap hari, bahkan gue ngerasa gue ini orang terbaik sedunia, bayangin aja, smua orang boleh naik mobil gue slama masih muat.. lo pasti tau kn mobil gue, yuuppp .. bener banget “Mikrolet” .

Meskipun stock mikrolet ini banyak tapi kalau pagi jam sibuk kayak gini, kmungkinan lo dapat yg kosong tuh 1 : 1 miliar, ya mau gak mau kadang gue nunggu lama banget, dari yg rapih sampai berantakan lgi, dari yang ganteng sampai lebih ganteng lagi, bahkan lagu grup band jamrud pun gonta ganti lirik sanking lamanya.

“30 menit kita disini tanpa suara… “

“60 menit kita disini tanpa suara… “

Gue jadi inget sbuah crita dari guru ngaji gue :

“Ada seorang pemuda yang nunggu bis tapi dari beberapa bis yang dia hentikan gak ada satupun sopir yang mengizinkan dia menumpang di bis-nya. Pemuda itupun kesal dan mengeluh sampai beberapa saat kemudian dia mendapatkan bis. Kemudian beberapa kilometer kemudian dia terjebak didalam kemacetan dan dia pun bertanya – Tanya apa penyebab kemacetan ini, lalu dia melihat keluar melalui jendela dan dia pun kaget karena ada bis yang balik dan bi situ adalah bis yang tadi ingin dia tumpangi namun ditolak oleh sang supir.

Dan terang aja pemuda ini pun mengucapkan rasa syukur, kenapa ??? yaa coba aja kalian bayangkan kalu dia tetap maksa mau naik bis itu tentu saja dia bakal ngalamin kejadian yang sama alias jadi korban.”

Dari sini gue belajar yang namanya “SABAR” dan seperti firman Allah Swt dalam al quran :

“Hai orang-orang yang beriman. Bersabarlah kamu, dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiaga-siaga (diperbatasan negrimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.” (Q.S AL Imran 200)

Tiba disekolah, gue sekolah di salah satu SMA negri dijakarta, seperti biasa gue slalu datang kepagian, gue menuju kelas dan di samping kelas gue ada seorang cewe yang lagi bengong tapi gak gue hiraukan alias gue cuek aja, masuk kelas dan nyimpen tas terus nongkrong didepan kelas sambil nunggu bel masuk, maklum sob, beginilah nasib orang yang slalu ontime Sifat gue yang ontime sudah ada sejak gue lahir, disaat orang – orang lahir pada usia kandungan 9 bulan, gue justru lahir saat nyokap gue ngandung gue slama 7 bulan, .lebih awal dibanding orang – orang pada umumnya.

Saat gue bengong waktu nunggu bel masuk yang ada dipikiran gue adalah gue jadi inget nyokap sob, nyokap adalah wanita yang paling gue cinta sepanjang hidup gue dan seperti kata afika “mama, you are my everything” dan seperti kata cherrybelle “you are beautifull”.

Kadang gue kepikiran sob, bisa gak ya gue balas semua jasa ortu gue terutama nyokap yang udah mengandung selama 9 bulan ??? kecuali gue 7 bulan.

Gue yakin jawabannya kita gak bakal bisa balas semua jasa nyokap sob, tapi setidaknya ada hal yang berguna yang bisa kita lakuin buat ortu kita khususnya nyokap.

Seperti kisah dan hadits dibawah ini :

“Seorang pemuda bertanya kepada baginda Rasulullah SAW “Ya Rasul Allah, masih dapatkah saya berbuat baik terhadap ibu bapak saya meskipun mereka telah meninggal dunia. Semasa mereka masih hidup saya telah berbuat baik terhadap mereka. Saya sentiasa berfikir apakah yang bisa saya lakukan setelah keduanya meninggal dunia.”

Rasulullah SAW menjawab :

“Ya…dapat, sembahyangkanlah untuk kedua ibu bapak kamu, mohon ampunan untuk keduanya, laksanakanlah wasiatnya dan eratkanlah silaturahim dengan orang-orang yang kedua ibu bapak kamu lakukan serta muliakanlah teman kedua ibu bapak kamu.”

Setelah mendengar jawaban dari Rasulullah SAW itu mereka terdiam seketika tetapi tampak senyum di wajah mereka Lelaki yang bertanya tadi masih tidak faham akan jawaban yang di berikan oleh Rasulullah SAW, lantas dia meminta baginda menerangkan sekali lagi.

Rasulullah SAW tersenyum mendengar kata-kata lelaki itu lantas baginda pun bersabda yang bermaksud “Apabila meninggal dunia seorang anak Adam maka putuslah segala amalannya kecuali tiga iaitu :

1. Sedekah yang di tinggalkan semasa hidup. 2. Ilmu yang bermanfaat dan 3. Anak yang soleh yang mendoakan kedua ibu bapaknya.” (Hadis Riwayat Luqman Hakim)

Sekarang pertanyaannya adalah “apakah gue termasuk anak yang sholeh ???” gue harap sih iya biar nanti gue bisa doain ortu gue. Dan dalam hadits lain pun diterangkan betapa mulianya seorang ibu. Seperti dibawah ini :

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliaa berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab,‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

"Hiks…. Hiiksss …. Hiiikksss …." Suara tangis ngagetin gue, gue pun tersadar dari hayalan dan menegok ke arah tangis itu berasal ternyata tangisan itu berasal dari teman cewek misterius itu, cewek itu pun menangis di pundak sang cewek misterius sambil ungkapin rasa sedihnya atau biasa kita sebut CURHAT.

Ngomong – ngomong soal curhat kadang gue juga bingung kenapa cewe harus nangis ??? yang gue tau, cewe itu klo curhat ga jauh dari yang namanya “COWOK”, setuju ??? ada apa dengan cowok ??? rasanya gue mau buat film AADC “Ada Apa Dengan CowoK”. Kesannya cowok itu adalah makhluk menyeramkan didunia. Entah muka mereka yang terlalu jelek atau kelewatan ganteng tapi kalo kelewatankan masih bisa muter balik atau gimana hanya cewek yang tau dan yang gue tau saat ini adalah tempat curhat yang terbaik itu adalah sang pencipta sob, lo gak percaya ??? klo gue sih percaya, coba lo pikirin,

Pertama :

klo lo curhat sama manusia pasti lo pernah berpesan “gue mau cerita nih tapi lo janji ya jangan cerita ke siapa” cukup lo aja yang tau” ehh .. ga tau nya malem nya crita lo tersebar di facebook, twitter, path, tetangga, pak Rt , Lurah, camat, bahkan mungkin alam semesta. Itu resiko klo curhat sama manusia.

Kedua :

klo curhat sama temen itu ya belum tentu dy bisa bantu bahkan mungkin dy cuma bias jadi pendengar yang baik atau mungkin malah buat suasana makin kacau.

Ketiga :

Biasanya klo curhat soal cinta mungkin temen curhat kita itu juga ternyata suka sama cowok yang kita suka. Mungkin kalian pernah ngalamin beberapa dari yang gue sebutin di atas atau bahkan smuanya.

Coba bedain kalo curhat sama allah :

Pertama :
Allah itu maha pendengar, udah jelas karena ada dalam asmaulhusna atau 99 Sifat allah swt dan dijamin kerahasiaan nya terjaga 1000 persen.

Kedua :

Allah swt pasti membatu atau nolongin lo klo lo curhat dalam doa lo, seperti firman allah swt dalam al qur’an :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ” (QS. Albaqarah: 186)

Ketiga :

Doa dan permintaan lo pasti dikabulin sob .. nih bukti nya :

“Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan-Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Thabrani).

Gimana sob ??? masih mau curhat sama temen atau sama allah swt ??? emang sih ga ada salahnya curhat sama temen tapi alangkah lebih baiknya curhat sama sang pencipta.

Beberapa menit kemudian bel berbunyi tanda masuk jam belajar mengajar dimulai, gue pun menuju kelas dengan tertatih, melangkah dengan penuh semangat sampai terjatuh lalu bangkit lagi dan dengan penuh piluh #Stop, lebai ga sih ??? ckckckk ..

Tiba didepan kelas, gue pun panik sepenuh mati bukan setengah mati lagi, kenapa ??? ya karena gue liat teman sekelas sibuk dengan buku dan alat tulis mereka, ternyata ada pekerjaan rumah alias PR yang belum gue kerjain.

Gue pun melangkah menuju bangku yaa dimana lagi kalo bukan di pojok kiri kelas dan parahnya lagi itu dibelakang, kebayangkan gimana gue bisa denger suara guru klo mereka lagi nerangin, gue selalu berharap mereka berinisiatif pake toa klo mereka lagi nerangin.

Gue duduk di sudut kiri kelas bukan karena kemauan gue sob, tapi karena keadaan yang memaksa…. Ceritanya bermula saat hari pertama masuk sekolah dan biasa dikenal dengan sebutan MOS… #ceger ceger (petir menyambar) #prank kluntang kluntang ( kaca pecah) #croot (kotoran ketelen) Siapa sih yang gak kenal MOS ??? itu lho merek merek pemanas nasi ….

MOS atau dikenal dengan Masa Orientasi Siswa, ini adalah ajang senioritas dan junioritas, singkat cerita waktu itu hari pertama masuk sekolah dan gue datang telat, saat tiba dikelas semua bangku udah ada penghuninya dan hanya yang tersisa yaa bangku yang gue huni sekarang di sudut kiri kelas.

Kalian pasti pernah dengar :

“posisi tempat kita duduk adalah gambaran masa depan kita nanti”

kayaknya ini harus diralat klo menurut gue, dimanapun lo duduk, lo duduk di depan, tengah, belakang, di meja guru, di kelas tetangga ato diluar kelas sekalipun yang menentukan masa depan lo adalah semangat belajar lo.

Balik ke cerita semula …

Gue pura” tenang seolah – olah ga ada apa – apa, padahal sih gue deg – degan pake banget.. Hari itu pelajaran pertama adalah MATEMATIKA !!! Guru matematika pun masuk ke kelas, kenalin nama nya bu e-em bukan eeemmmmmmmmmm apa yaa ?? bukan tapi ibu e (spasi) em disingkat ibu e-em.

Sebenernya bu eem orangnya asik ga ada galak – galak nya tapi gue nganggep dia slalu pake cara halus buat hokum muridnya, contoh nya kayak gue, yaa tebakan kalian bener @sobat_wisata, gue dihukum karena gue gak ngerjain PR.

Sambil tersenyum manis ibu eem pun berkata “Kamu knapa gak ngerjain PR ???”

“saya lupa Bu”

“alasan aja kamu, skarang kamu lari keliling lapangan sebanyak 20 putaran”

“gak boleh kurang bu ??? Tanya gue

Bu eem pun melotot dan tanpa pikir panjang lagi gue pun menuju lapangan dan jalanin hukuman dan untungnya gue ga sendiri, gue bareng garry, garry adalah teman sebangku gue dan dia adalah ketua kelas gue, gue bingung kenapa orang seperti garry yang gak disiplin, malas, biang rusuh di kelas terpilih sebagai ketua kelas, entah apa yang salah, apakah dia melakukan politik uang atau karena temen – temen sekelas takut dengan dia atau dia pake dukun ??? entahlah tapi inilah kenyataannya.

bicara soal kepemimpinan, gue teringat sebuah sabda rasul saw :

Masing-masing kamu adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya. (HR. Bukhari)

Dan firman allah swt :

“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Al-Baqarah: 30)

Dan bicara soal gue yang gak ngerjain PR, gue teringat sebuah hadits :

….. “Tanda-tanda orang munafik ada tiga; jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika diberi amanah ia berkhianat.” (Muttafaq Alaihi).

lengkap sudah, hari itu juga gue ngerasa bersalah banget karena gak megang amanah, PR adalah amanah yang guru berikan kepada muridnya dan pasti tujuannya baik tapi gue gagal megang amanah itu.

Beberapa jam kemudian bel berbunyi menandakan waktu istirahat tiba, hal yang sering gue lakuin pada saat istirahat pertama adalah ke masjid, ada beberapa teman gue yang bilang “udah kayak cicak masjid lo” gue gak ngerti apa maksudnya tapi demikianlah biasa mereka menyebutnya. Gue ke masjid bukan karena gue mau ceramah atau konser dimasjid sob tapi mau sholat dhuha, kenapa gue sholat dhuha ??? karena banyak manfaatnya sob.. seperti berikut ini …

Manfaat secara medis:

"Gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi, serta berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular.

Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorphin. Zat ini sejenis morfin,termasuk opiate. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.

Menurut Hadists Qudsi, Rasullulah menyampaikan, “Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan.” (H.R Turmudzi)

Dan dianjurkan membaca do’a ini sob :

Ya Allah, sesungguhnya masa pagi ini adalah masa pagiMU, keindahan ini adalah keindahanMU, kuasa ini adalah kekuasaanMU, kenyamanan ini adalah kenyamananMU. Seandainya rizki saya tersembunyi di dalam bumi maka keluarkanlah, jika di langit turunkanlah, jika haram bersihkanlah, berkat kesejatian masa pagiMU, keindahanMU, dan kekuasaanMU, ya Allah.

Dan Alhamdulillah, sesuatu banget, gak Cuma gue yang melaksanakan sholat dhuha, ada beberapa guru dan teman kelas juga melaksanakan sholat dhuha.

Dan bel pun berbunyi tanda istirahat telah usai saatnya kembali ke kelas dan kembali belajar, semua berjalan lancar, dan beberapa jam kemudian bel pun berbunyi kembali menandakan istirahat kedua dimulai, sebentar lagi waktu dzuhur tiba, gue pun bergegas menuju masjid dan berwudhu dan Alhamdulillah kalu mau wudhu harus ngantri dulu sob, itu menandakan masih banyak temen – temen mau inget dengan yang namanya sholat.

Kenapa kita harus sholat ?? why ??? seharusnya udah gak perlu ada pertanyaan kayak gini sob…

Ini jawabannya sob …

“Sesungguhnya shalat adalah merupakan kewajiban yang ditentukan atas semua mukmin” (QS. Nisa 103)

Setelah sholat dzuhur, saatnya makan siang bareng temen .

Kenalin syah reza atau biasa dipanggil reza, cowok yang terbiasa hidup mandiri dan cerdas, saking cerdasnya nama band aja diambil dari buku kimia “CHNOPS” buat kalian yang ngerti dan cinta mati sama yang namanya kimia pasti tau arti dari si “CHNOPS” ini.

Yang kedua Arnando, atau biasa diapnggil nando, cowok yang dimanja banget sama nyokapnya, mungkin karena anak tunggal ya sob atau mungkin juga karena nyokapnya penyayang, gue dan temen geng gue seneng banget kalo nginep di rumah nando, kenapa ??? karena itu sama aja proses perbaikan gizi, bayangin aja sob, datang pagi, siang makan nasi padang campur sirup, sore ngemil snack, malam nya makan malam pake nasi goring ayam, sebelum tidur minum susutapi untungnya sebelum tidur gak ada acara baca dongeng. Bayangin subur bangetkan kalo nginep dirumah nando, mungkin beda tipis kali ya sama yang namanya numpang hidup.

Dan yang ini Alvi, cowok yang kadang sok tau dan pemalu, kenapa dia sok tau ??? singkat cerita, di abaca Koran kemarin dan dibahas hari ini dan gak taunya udah ada berita terupdate hari ini dan alvi belum baca berita terupdate nya tapi dia tetep aja ngotot kalo berita yang dia tau itu adalah berita terupdate, udah salah ngotot lagi, rasanya itu kayak mau nyelem di bawah aspal sama gigitin tiang bendera kalo ngadepin dia.

Dan selanjutnya Rusdianto, atau angkrap dipanggil Rusdi, cowok yang ngerasa dirinya keren dan kadang kepedean, Rusdi kalau ngobrol sama cewek pasti deh nunjukkin kebijaksanaannya dia dan berasa keren gitu tapi dibalik sikap dia yang kayak gini dia orangnya cerdas juga lho, paling seneng dengan yang namanya pelajaran matematika, bahkan mungkin dia udah buat rumus pribadi yaitu rumus percintaan.

Dan yang terakhir Tommy, tommy adalah cowok yang peduli banget dengan pendidikannya, kalau ada nilai pelajaran dia yang kebakaran dijamin dia bakal galau dan bakal jaga jarak sama kita dengan alasan “pengen belajar”.

Inilah kami, Homo ??? bukan kami bukan homo, skali lagi gue tegasin, kami bersahabat bukan pasangan homo.

“ke kantin yuk ky” ajak alvi,

“ayo” jawab gue

“gue ikut dong, bareng” kata tommy, nando dan reza

Kami pun berjalan menuju kantin, dan hal yang paling merepotkan kalo ke kantin adalah harus desak – desakkan sama yang lainnya dan pasti ngantri. Belum lagi bingung mau makan apa karena banyak pilihan. Makanya gue kasih tips kalau kalian mau ke kantin nih sob.

Pertama :

Kalau kalian gak kenal sama pedagangnya, pastikan kalian datang paling awal, ya kalau bisa lo nginep aja didepan lapak penjualnya.

Kedua :

Pastikan badan lo langsing biar enak nyempilnya kalau lagi desak - desakan

Ketiga :

Kalau pedagangnya cewek, coba aja lo jadiin sahabat atau jadikan pacar biar slalu diutamain.

Dan keempat :

Pastikan kalian bawa duit yang cukup biar ga ngutang dan makan sesuai dengan kemampuan perut kalian,. Jangan berlebihan sob. Ga baik .

Hadits Nabi Muhammad SAW., berikut:

إياكم والبطنة في الطعام والشراب فانها مفسدة للجسم وتورث السقم عن الصلاة وعليكم بالقصد فانّه اصلح للجسد وابععد من السرف

Artinya ; “Janganlah sekali-kali makan dan minum terlalu kenyang karena sesungguhnya hal tersebut dapat merusak tubuh dan dapat menyebabkan malas mengerjakan salat, dan sederhanakan kalian dalam kedua hal tersebut, karena sesungguhnya hal ini lebih baik bagi tubuh, dan menjauhkan diri dari sifat israf (berlebihan).” (H.R.Bukhari)

Hadits Nabi Muhammad SAW., berikut:

نَحْنُ قَوْمٌ لاَ نَأْكُلُ حَتَّى نَجُوْعَ وَإِذَا أَكَلْنَا لاَ نَشْبَعُ

Artinya : “Kamu adalah suatu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang.”

Rasulullah SAW berkata kepada Umar bin Abi Salamah, "Wahai anak, ucapkanlah Bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari apa yang ada di hadapanmu". (HR. Bukhari)

Lanjut ke BAB II .....

Follow : @sobat_wisata on twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar